Jurusan di IPB Ini Cocok Buat Kamu Yang Berjiwa Petualang

Suka jalan-jalan? Ga betah belajar di kelas? Buat kamu yang pengen kuliah tapi kerjaannya jalan-jalan terus, kamu boleh masukin Institut Pertanian Bogor ke salah satu daftar Universitas pilihan. Kenapa? Di IPB, meskipun kamu ambil yang S1, beberapa jurusan di sana bisa ngasih kamu peluang buat keluar kelas lebih sering. Meski labelnya pertanian, Universitas negeri yang terletak di Bogor ini sesungguhnya sangat dekat sama alam. Didukung dengan kondisi alam Bogor dan sekitarnya yang menyajikan kekhasan hayati tersendiri, udah paling cocok deh kalau kuliah di IPB itu bikin cinta alam banget.

Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan di IPB pilihan saya yang mungkin cocok buat kamu yang berjiwa petualang :

1. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE)

KSHE IPB adalah salah satu jurusan di IPB dengan intensitas turun lapang yang cukup sering dibanding jurusan lain di Fakultas Kehutanan IPB. Di KSHE Setiap minggu kamu bakal dapet materi praktikum mengamati perilaku satwa di lapangan. Bukan hanya pengamatan burung di pagi buta, kamu juga bisa mengamati satwa herpetofauna di malam hari pake headlamp. Mengamati kelelawar di goa-goa, mengamati jejak satwa di hutan, atau mengamati perilaku kucing pun dipelajari di KSHE. Kamu bahkan bisa membedakan jenis kelamin burung hanya dari suaranya. Keren kan? Mengamati perilaku hewan itu butuh perjuangan lho. Kita dilatih sabar dan teliti dalam mengamati satwa. Kayaknya, alm. Steve Irwin juga harusnya juga kuliah di sini ya.

2. Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK)

Kalau tadi adalah jurusan untuk petualang di hutan belantara, sekarang kita beralih ke petualang lautan luas. Ya, ITK adalah pilihan saya untuk jurusan kedua yang paling cocok buat kamu yang suka bertualang di dunia air. Sebenarnya, secara umum, semua jurusan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB sama-sama bertualang ke laut juga sih, tapi rasanya ITK lah yang paling keliatan petualangnya. Tiap semester sekurang-kurangnya ada satu fieldtrip alias kunjungan lapang. Tentu bukan fieldtrip biasa, karena destinasinya sebelas-duabelas ama destinasi wisata. Beberapa destinasi di antaranya adalah Kepulauan Seribu, Ujung Genteng, serta Pelabuhan Ratu. Sebagaimana mahasiswa FPIK pada umumnya, kamu pasti, harus, atau akan bisa berenang dan snorkeling pada saatnya. Konon, putra-putri Neptunus kuliahnya di sini lho.

3. Manajemen Sumberdaya Lahan

4. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
Kalau kamu membayangkan jurusan Komunikasi yang satu ini isinya melulu broadcasting dan jurnalistik seperti jurusan sejenis di univ lain, bersiaplah kecewa. Asal tahu saja, inilah jurusan Komunikasi terunik se-Asia Tenggara. Ya, murid-murid SKPM IPB didapuk buat jadi para petualang komunikasi di desa-desa. Mereka menjelajah dari satu desa ke desa lain. Mengamati perilaku masyarakat, memadu-padankan dengan ilmu komunikasi kemasyarakatan. Panas adalah teman setia para petualang desa dari SKPM. Yang namanya kuesioner, turun lapang desa, dan POSDAYA barangkali sudah jadi makanan sehari-hari buat mereka. Jangan salah, mengamati dan interaksi dengan manusia jauh lebih sulit lho dibanding mengamati organisme lainnya. Percayalah!

5. Ilmu Keluarga dan Konsumen

6. Biologi

Komentar

Entri Populer