HelloFest 9 Dihelat Makin Asik!







HelloFest sebagai ajang kreatifitas pop-culture terbesar di Indonesia kembali hadir dengan HelloFest 9 Anima Expo yang menargetkan sekitar 30.000 pengunjung di Kompleks Kolam Renang Senayan pada 9-10 November 2013.

Sebagai acara yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak muda diseluruh pelosok nusantara, peserta diharapkan dapat memamerkan ide kreatif mereka dalam menciptakan berbagai karya seni diantaranya film dan animasi yang berkualitas. "Anak muda di Indonesia perlu dipacu pemikirannya melalui HelloFest, supaya menghasilkan kreatifitas yang diluar pakem," ujar Wahyu Aditya, pendiri HelloMotion Academy di Jakarta, Jumat (8/11).

Panitia telah menerima 839 film pendek dan animasi, yang terdiri dari 102 finalis; 36 film animasi dan non animasi serta 66 film 8 detik. Dalam misinya memajukan karya anak bangsa, HelloFest juga akan menjadi tempat eksposure dari berbagai animasi studio lokal di Indonesia. Melalui pasar HelloFest telah terdaftar 300 Usaha Kecil Menengah (UKM) dan komunitas bidang industri kreatif yang berpartisipasi baik untuk memamerkan karyanya maupun bertransaksi dengan jenis produk seperti mainan, produk animasi, komik, kria/kerajinan, games, dan fashion.

Pada akhir acara akan dipilih pemenang dari setiap kategori Film Pendek; Animasi, Non Animasi, dan 8 detik serta Film Kategori Khusus 101 Ways to Enjoy Jakarta. Hasil karya pemenang diantaranya akan disebar dan diikutsertakan di berbagai Festival Internasional.

Beberapa film animasi HelloFest yang diikutsertakan pada festival internasional telah mendapatkan penghargaan. "Secara teknis animasi lokal tidak kalah dengan animasi luar negeri, hal itu yang membuat saya optimis terhadap perkembangan industri animasi," tegas Wahyu Aditya.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ada sekitar 40 studio animasi yang sudah terjun dalam industri perfilman di Indonesia dan jumlah ini akan terus meningkat.

Bahkan, ada satu studio animator yakni Infinite Studio yang berada di Batam telah rutin disewa jasanya oleh negara seperti Inggris, China, dan Jepang untuk membuat film animasi. Padahal negara-negara itu mempunyai ratusan studio animasi yang berkembang disana.

Dalam kesempatan ini Arie Budhiman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta menambahkan, “HelloFest menjadi acara kreatifitas anak muda yang didukung penuh oleh Enjoy Jakarta karena konsep orisinil dan hasil karya pesertanya yang memang layak diapresiasi”. HelloFest juga menjadi kick off program Rebranding Jakarta Powered by Youth dan Jakarta Cosplay Parade dimana desain ikon kota Jakarta akan direvitalisasi sehingga dapat mengubah citra kota Jakarta dan tempat wisata sekitarnya yang kaku menjadi lebih bersahabat dan dinamis.

Sementara itu Wahyu Aditya sebagai salah satu Wirausaha Mandiri, juga kembali mendapat dukungan dari Bank Mandiri yang memang terkenal peduli dengan kemajuan wirausaha dalam negeri dan turut mendukung perkembangan industri kreatif Indonesia. “Melalui HelloFest, diharapkan akan tercipta para wirausaha baru di bidang industri kreatif seperti Wahyu Aditya merintis usahanya”, ungkap Ibu Nila Mayta Dwi Rihandjani, Vice President Bank Mandiri.

Tentang HelloFest
Berawal dari inisiatif HelloMotion Academy untuk membuat acara kelulusan bagi siswa – siswinya yang diselenggarakan secara sederhana, kini acara tersebut telah membesar dan menjadi ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek hingga pop-culture. HelloFest kini menjadi wadah kegiatan yang dinanti bagi berbagai komunitas kreatif untuk ajang temu memamerkan dan memasarkan karyanya.

Komentar

Postingan Populer