Panduan Twitter : Mari ber#Hashtag

Jika Aura Kasih bisa bergoyang dengan 'Mari Bercinta' maka saya akan kayang sambil membaca tulisan 'Mari ber#hashtag' ini. Oke........... lupakan.

Sebagaimana diketahui, Twitter merupakan media paling canggih saat ini untuk menyebarkan 'ideologi' kepada publik. Bagaimanapun suasana hati anda, ungkapkan dan kicaukan saja di sana. Di sana, berbagai macam fenomena realita kehidupan yang menimpa remaja (mahasiswa putri khususnya) seperti lika-liku berpacaran, kebahagiaan, putus-nyambung, ilfil, perselingkuhan, kepundungan, kamseupay, kebingungan, pembullyan hingga penggalauan tingkat maksimal  bisa diungkapkan dengan mudah tanpa sensor. 

Twitter juga berfungsi sebagai tanda bahwa anda sudah memasuki dunia pergaulan yang sebenarnya. Ini kenapa siswa SD zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan sosial media ini sebagai alat bantu pergaulan dengan sesama spesiesnya. Urusan sensitif seperti PDKT, cemburu dengan pasangan, sampai kegep selingkuh di sekolah pun bisa ketahuan lewat Twitter.

Berdasarkan informasi, sejauh ini Twitter masih aman untuk digunakan. Tingkat kejorokan posting pun hanya sepersekian persen. Dunia Twitter belum banyak dijajah dan dimasuki oleh kaum 4L4y yang kini tengah merajai dan menguasai hampir tiap sudut postingan di dunia facebook, sehingga yang merasa dirinya 'tidak alay' kini merasa termarjinalkan dan tersingkir dari habitatnya, sehingga memutuskan untuk mengungsi ke dunia lain yang lebih aman dan trendy seperti Twitter. 

Pengertian tentang definisi kaum 4L4y dan segala macam bentuk perilaku kehidupannya akan dibahas di sesi selanjutnya.

Salah satu fenomena penting yang berasal dari dunia Twitter diantaranya adalah hashtag.

Apa yang dimaksud dengan hashtag?

Menurut Odum, (1990) Hashtag adalah 'kata penanda' yang kita berikan untuk memudahkan search engine twitter dalam mengumpulkan twit yang berisi tema serupa. Hal ini sama seperti metode pencarian kata kunci di search engine Google. Bedanya, yang dicari di Twitter adalah twit dengan tema-tema tertentu, sesuai dengan hashtag yang dimaksud. 

Cara menggunakan hashtag sangat mudah. Cukup dengan memberikan tanda pagar di depan kata yang akan kita labeli, ke dalam hashtag tadi. Setelah itu, jika penandaanya benar, kata yang diberi tanda hashtag tadi akan berubah warna menjadi sebuah link.

Hashtag yang lazim ditemukan di timeline diantaranya adalah #jleb, #nyesek, #nyess, #nusukk,  #eaaakkk dll disesuaikan dengan ragam twit dan suasana hati si twips tadi. Biasanya diembeli juga dengan sebuah kalimat yang diapit tanda bintang (penjelasan akan diberikan di bab berikutnya). Beberapa modifikasi  yang sering digunakan dalam hashtag #jleb diantaranya adalah :

#makjlebb, #tuingjleb, #tuiuiuiuiiiiiingjlebb, #muaaaakjlebbb #tratakdungces, #trataktuingjleb, dll. Semakin panjang modifikasi pada kata jleb setara dengan tingkat kedalaman perasaan yang ditusuk oleh kata-kata dalam twit tersebut.

Berikut akan disajikan contoh penggunaan hashtag #jleb dalam berbagai twit yang berhasil dikumpulkan penulis. Jangan sampai salah penggunaan.

- SINGLE: you love me. But I want to be alone right now | JOMBLO: I love you. But until now, I'm still here..alone. #eaaak #jleb

- It’s not that I don’t believe in love, I am just terrified that it doesn’t believe in me #jleb

PDKT nya sama aku... TAPI kenapa jadian nya sama orang lain...#okesip #jleb

Ga usah bangga punya banyak penggemar, frenster aja dulu banyak penggemarnya, skrg udah dilupain org #jleb

yang jomblo jangan keluar bikin macet jalanan, mendingan nonton film korea. #jleb

Neng, belajar Fisika susah ga? | ada yg lebih susah! | apa? | Belajar nerima muke lo apa adanya |  *JEDEEER*

mantan terindah : photonya disimpen rapi di dompet | mantan terburuk : photonya dikasi ke mbah dukun biar disantet #jleb

Yang pacaran: Sepiring berdua. Yang LDR: Sepiring masing2. Yang jomblo: Sepiring gak abis-abis. #jleb

Jika "kangen" itu suatu penyakit. Aku pasti bakal terbaring koma di UGD karena begitu dalamnya rasa itu..  #jleb

Bapak kamu artis sinetron yah? | ih mau gombal yah? Kok tau? | pantes kamu pinter banget sandiwara | #jleb

Daripada gak memiliki apapun dari kamu, ya udahlah aku cuma bisa memiliki fotomu. Itu udah cukup kok :’) #jleb

*Satnite* SINGLE : Semprot parfum,terus nongkrong | JOMBLO : Semprot baygon,trus MoLorrrr Щ(´̩ε `̩ щ) #jleb

Mantan itu ibarat Boomerang, walaupun kita udh lempar jauh2, suatu saat bisa balik lagi..  #jleb

Pacaran : Galau, mulai dicuekin | LDR: galau, ga punya pulsa buat nelpon | Jomblo: galau,banyak tugas numpuk gara" kebanyakan ngelamun #jleb

- *sms gebetan* hai apa kabar? (pending) jaLan yuk (pending) nanti gw jemput ya (pending) TAEK Lah !! (deLivered) #jleb

Dear mantan .Walau pun secara fisik kau enyah dari hadapanku.Tapi alasan kepergianmu masih terlalu naif dan mengada-ada..  #jleb

di toko biru, beli baut. Di malam minggu, malah ribut... !! 

hai apa kabar | kabar baik :) | aku kangen kamu nih, kamu gimana ? | aku kangen dia | #jleb *piso mana piso*"


Demikianlah beberapa sampel hashtag yang bisa dipaparkan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mengarungi bahtera kehidupan twitter di zaman sekarang dan yang akan datang.


Salam.

Komentar

  1. masjaw curcol... hahaha...

    BalasHapus
  2. ini hasil riset loh doon hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaaaw.. kenapa blog gw yg satunya lo masukin ke "daftar blog" (-__-) itu kan blog sampah gw....

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer