Piala FA : Kuyt Bawa Liverpool Pecundangi United

Dirk Kuyt mencetak gol kemenangan saat Liverpool mengalahkan MU dalam lanjutan Piala FA (28/12). Meski kerap dicadangkan, Kuyt selalu mencetak gol-gol penting bagi Liverpool.(Masjawa/REUTERS)
Babak keempat Piala FA yang digelar pada Sabtu, (28/12) musim 2011-2012 menyuguhkan laga bigmatch klasik britania raya. Tuan rumah Liverpool FC menjamu seteru abadinya dari Lancashire, Manchester United. Untuk kesekian kalinya kedua klub bertemu sepanjang musim kompetisi 2011-2012. Laga yang memperebutkan satu tiket menuju putaran kelima piala FA itu berlangsung seru dan dramatis. Sebelum laga dimulai, perseteruan di luar lapangan pun turut mewarnai duel kedua klub klasik tersebut. Striker andalan The Reds –julukan Liverpool-, Luis Suarez, harus absen selama 8 pertandingan setelah FA menjatuhkan hukuman skorsing karena dianggap melakukan tindakan rasis terhadap bek kiri MU asal perancis, Patrice Evra. Minus Suarez, praktis lini depan Liverpool hanya bertumpu pada ketajaman Andy Carroll dan Craig Bellamy. Nama terakhir adalah sosok striker yang tengah onfire setelah golnya mengandaskan perlawanan klub sekota United, Manchester City, beberapa hari lalu sekaligus mengantarkan Liverpool ke final piala Carling untuk kesekian kalinya.

United juga bukannya memulai pertandingan tanpa masalah. Badai cedera yang menghantam sejumlah pemain pilar membuat permainan mereka terlihat pincang. Seperti yang dilansir Goal.com, pemain andalan United macam Rooney, Ferdinand, Vidic, Nani, Phil Jones, Anderson, Owen, Young, Fletcher dan Cleverley harus absen karena masih menjalani perawatan. Absennya sejumlah pemain andalan memaksa manajer kedua klub memutar otak dan meracik strategi yang tepat dengan menggunakan sejumlah pemain yang ada.

Laga dimulai dengan aksi Maxi Rodriguez di menit empat yang mengancam gawang United, namun masih bisa diselamatkan kiper David De Gea. Kubu MU balik menyerang lewat tendangan keras Antonio Valencia di menit 18 meski masih menyentuh mistar gawang Pepe Reina. Tribun The Kop baru bergemuruh ketika Daniel Agger sukses menyarangkan gol lewat sundulan ke gawang United di menit 21, setelah menerima umpan sepak pojok. 1-0 untuk Liverpool.

Ketinggalan satu gol membuat United kian meningkatkan tempo permainan. Adalah Park Ji Sung yang membuat gol penyama kedudukan di menit 39 usai menerima umpan datar dari Rafael di sisi kanan yang diselesaikan dengan firstime keras ke sudut kanan gawang Pepe Reina. Skor imbang 1-1 menutup babak pertama hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Kenny Dalglish melakukan sejumlah pergantian pemain. Bellamy dan Kuyt masuk menggantikan Maxi dan Gerrard. Masuknya kedua pemain ini membuat serangan The Anfield Gang tampak lebih hidup. Serangan melalui bola-bola direct diperagakan anak asuh Dalglish hingga membuat pertahanan United tertekan. Melihat anak buahnya terdesak, Sir Alex Ferguson menambah daya gedor dengan menurunkan striker Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Masuknya Charlie Adam membuat lini tengah Liverpool tampil semakin percaya diri. Bek muda Martin Kelly tampil sangat disiplin dan lugas dalam menjaga pertahanan dengan mematikan pergerakan Ryan Giggs sehingga membuat alur serangan United terganggu. Kerjasama apiknya dengan Kuyt di sisi kanan pun membuat serangan Liverpool makin trengginas. Hasilnya, di menit 88 Dirk Kuyt berhasil mencetak gol kemenangan sekaligus merubah skor menjadi 2-1 setelah menerima umpan sundulan dari Carroll dan kemudian memperdayai De Gea. Gol dramatis ini sontak disambut penuh sukacita oleh pendukung Liverpool yang memadati stadion Anfield. Liverpool nyaris saja mencetak gol tambahan andai sundulan Carroll di sisi kanan gawang tidak terhalang mistar dan sepakan Kuyt lebih terarah. Seisi stadion yang berkapasitas 45.000 orang itu pun akhirnya bersorak setelah wasit M. Halsey meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Kemenangan yang meloloskan Liverpool ke babak V Piala FA ini seakan menjadi balasan terhadap United yang menyingkirkan mereka di ajang yang sama musim lalu.

Komentar

  1. Setan tak akan tinggal diam.
    Tunggu pembalasannya.

    haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer